![]() |
Repository
|
Tugas Akhir Mahasiswa
Hasil Penelitian Mahasiswa
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SARANA PRASARANA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN SKIN PHILOSOPHY CLINIC
- Kategori : Tesis
- Penulis : TITA OKTARA IZZA
- Identitas : 332211460043
- Abstrak :
Kepuasan Pasien adalah perasaan senang atau kecewa yang didapatkan seseorang dari membandingkan antara kinerja produk yang di ekspektasikannya. Banyak faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien di Skin Philosophy Clinic diantaranya adalah kualitas pelayanan dan sarana prasarana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kualitas pelayanan dan sarana prasarana terhadap tingkat kepuasan pasien Skin Philosophy Clinic. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian kausal. Penelitian ini dilakukan terhadap 80 responden di Skin Philosophy Clinic. Analisis data menggunakan uji regresi linier berganda dengan software SPSS. Hasil analisis menunjukkan Ada pengaruh yang signifikan secara parsial Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Skin Philosophy Cinic dengan Nilai Sig 0,046 < probalilitas 0,05. Ada pengaruh yang signifikan secara parsial Sarana Prasarana terhadap Kepuasan Pasien Skin Philosophy Clinic dengan nilai Sig 0,017 < probalilitas 0,05. Ada pengaruh yang signifikan Kualitas Pelayanan dan Sarana Prasarana secara simultan terhadap Kepuasan Pasien Skin Philosophy Clinic dengan nilai Sig. 0,028 < 0,05. Saran: perlu dilakukan sosialisasi guna meningkatkan pemahaman tentang kualitas pelayanan berupa training cara berkomunikasi yang baik dan bersikap sesuai SOP klinik. Sarana Prasarana dapat berupa fasilitas yang belum terpenuhi sesuai dengan kebutuhan klinik Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Sarana Prasarana, Kepuasan Pasien