Repository
STIMA IMMI


Penelitian Dosen

Penelitian atau Publikasi Karya Ilmiah Dosen



PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 8 KOTA TANGERANG

  • Kategori : Peer Review
  • Penulis : Gada Sembada, Harries Madiistriyatno, Suwarni
  • Identitas : Peer Review Artikel Jurnal Aliansi Vol. 17 No. 1 (Juli) Tahun 2022
  • Abstrak :

    Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. 2 Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia . 3) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan gaya belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini berpendekatan kuantitatif, berjenis deskriptif dan asosiatif. Penelitian ini berpendekatan kuantitatif, berjenis deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 910 siswa pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Kota Tangerang.. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rumus Slovin. Dengan menggunakan teknik rumus slovin, maka diambil sampel sebanyak 90 siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Kota Tangerang sebagai responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh Metode Pembelajaran terhadap Hasil Belajar, terbukti dari nilai thitung untuk variabel X1 (Metode Pembelajaran) sebesar 5.685, sedangkan nilai ttabel untuk n = 90 sebesar 1.987. Jadi 5.685 > 1.987, dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran berpengaruh terhadap Hasil Belajar. 2) Terdapat pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar, terbukti nilai thitung untuk X2 (Gaya Belajar) sebesar 7.851, sedangkan ttabel untuk n = 90 sebesar 1.978. Jadi 7.851 > 1.978, disimpulkan bahwa Gaya Belajar berpengaruh terhadap Hasil Belajar. 3) Terdapat pengaruh Metode Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar. terbukti dari ANOVA atau Ftest atau Fhitung di dapat nilai sebesar 92.690 dimana lebih besar dari Ftabel sebesar 2.71 atau 92.690 > 2.71 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 karena 0,000 < 0,05, dikatakan Metode Pembelajaran (X1) dan Gaya Belajar (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel Hasil Belajar (Y). Sedangkan nilai R Square sebesar 0,681. Hal ini menunjukan bahwa sebesar 68.1% Metode Pembelajaran dan Gaya Belajar secara simultan (bersama-sama) berpengaruh terhadap Hasil Belajar, sedangkan sisanya sebesar 31.9% berpengaruh dengan faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Preview