Repository
STIMA IMMI


Penelitian Dosen

Penelitian atau Publikasi Karya Ilmiah Dosen



PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE SOMETHINC

  • Kategori : Jurnal Nasional
  • Penulis : Angel Claudia Sinuraya, Agus Sri Iswiyanti, Hadi Mulyo Wibowo, Widya Nengsih
  • Identitas : Equilibirum Point : Jurnal Manajemen dan Bisnis
  • Abstrak :

    Tujuan penelitian ilmiah yang telah dilakukan adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk, citra merek dan electronic word of mouth secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian pada skincare Somethinc. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dalam bentuk Google Formulir yang disebarkan kepada 100 orang responden. Populasi yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna skincare Somethinc. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Responden berasal dari semua golongan dengan batasan usia 17 tahun ke atas meliputi pelajar, mahasiswa, karyawan, pegawai negeri dan lainnya yang menjadi pengguna skincare Somethinc. Alat analisis yang digunakan terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dalam penelitian ini, diporelah kesimpulan bahwa dua dari variabel independen yang terdiri dari kualitas produk dan electronic word of mouth secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan terdapat satu variabel independen yang terdiri dari citra merek yang secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Kemudian, secara simultan ketiga variabel independen yang terdiri dari kualitas produk, citra merek, electronic word of mouth berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.

Preview