Lembaga

LPPM

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) adalah payung institusi bagi Pusat Penelitian (Puslit) dan Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM). Sebagai lembaga yang menaungi Puslit dan PPM maka LPPM mengemban tugas mengkoordinasi serta mengorganisasi pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi di Sekolah Tinggi Manajemen IMMI, khususnya darma penelitian dan darma pengabdian masyarakat. Disamping itu LPPM juga bergerak dalam lingkup pengembangan manajemen data dan informasi bagi pimpinan Institusi dalam membuat keputusan-keputusan kelembagaan. Secara struktural, posisi LPPM berada di bawah koordinasi Wakil Ketua I Bidang Akademik, oleh karena itu, dalam melaksanakan kegiatannya LPPM berkonsultasi dan melaporkan hasil penelitian ke Pembantu Ketua I Bidang Akademik. Tugas LPPM adalah memfasilitasi, mengkoordinasikan dan melakukan penelitian serta kegiatan pelayanan masyarakat di STIMA IMMI, serta terus melakukan pembangunan dan peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian dan pelayanan masyarakat, dan melaksanakan penelitian multi-disiplin dan atau penelitian kolaboratif.

Sumber Daya Pendukung

Dalam melaksanakan kegiatan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Manajemen IMMI, didukung oleh :

Program Studi (D3) Ahli Madya Manajemen Perusahaan

Dukungan personil dari Program Studi D3 Manajemen Perusahaan terbagi dalam 2 (dua) Konsentrasi :

  1. Konsentrasi Manajemen Perusahaan.
  2. Konsentrasi Manajemen Keuangan & Perbankan Syariah.

Program Studi Sarjana (S1) Manajemen

Dukungan personil dari Program Studi S1 Manajemen Perusahaan terbagi dalam 6 (enam) Konsentrasi :

  1. Konsentrasi Pemasaran.
  2. Konsentrasi Manajemen Keuangan & Perbankan Syariah.
  3. Konsentrasi Manajemen Keuangan.
  4. Konsentrasi SDM.
  5. Konsentrasi Manajemen Operasional.
  6. Konsentrasi Kewirausahaan.

Program Pasca Sarjana (S2) Magister Manajemen

Dukungan personil dari Program Studi S2 Magister Manajemen terbagi dalam 6 (enam) Konsentrasi :

  1. Konsentrasi Manajemen Pendidikan.
  2. Konsentrasi Manajemen Pemasaran.
  3. Konsentrasi Manajemen Keuangan.
  4. Konsentrasi Manajemen Informatika
  5. Konsentrasi Manajemen Rumah Sakit
  6. Konsentrasi Manajemen K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja)

 

ECC (English Conversation Club) Sekolah Tinggi Manajemen IMMI

Kemampuan berbahasa Inggris telah menjadi salah satu aspek penting di era globalisasi yang sudah di depan mata. Tahun 2015 Kerjasama Perdagangan Bebas di ASEAN melalui pembentukan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) akan dimulai.

Lima tahun berikutnya tahun 2020, giliran kran Kerjasama Ekonomi Asia Pasific alias APEC dibuka. Menghadapi berbagai kerjasama ini, bahasa asing menjadi kemampuan dasar yang mutlak diperlukan. Tanpa berbahasa asing, orang akan sulit bersaing, lantaran semua level pekerjaan, mulai dari teknisi bawahan hingga direktur, menuntut kemampuan berbahasa asing. Itulah sebabnya penguasaan bahasa Inggris menjadi semakin mendesak terutama bagi generasi muda. Kesadaran inilah yang memotivasi sejumlah mahasiswa membentuk English Conversation Club  untuk terus mengasah kemampuan bahasa Inggris mereka.

  1. Surat Keputusan Ketua tentang Lembaga dan Kelembagaan Mahasiswa
  2. Surat Keputusan Ketua tentang Pembentukan Kelembagaan Mahasiswa dan Pembentukan Pengurusan ECC (English Conversation Club).

File Download

  1. SK 0912
  2. SK 015 ECC

KPO

Komunitas Olah Raga Sekolah Tinggi Manajemen IMMI

Tubuh sehat dan kuat akan selalu menjadi idaman kita semua. Untuk mencapai itu semua diperlukan pola hidup yang sehat, salah satunya adalah dengan berolahraga. Olahraga merupakan kegiatan yang menyehatkan serta menyenangkan, hampir semua orang pernah berolahraga dan banyak dari mereka yang juga mempunyai hobi terhadap olahraga – olahraga tertentu, misalnya sepakbola, bulutangkis, basket dan lainnya. Untuk kalian yang menyukai multi olahraga, kalian bisa bergabung dengan komunitas olah raga Sekolah Tinggi Manajemen IMMI. Komunitas ini sendiri bertujuan untuk mengenalkan olahraga kepada masyarakat Campus Sekolah Tinggi Manajemen IMMI..

  1. SK. Pembentukan Pengurus Komunitas Pencinta Olah Raga (KPO)

Human Talent

Human Talent (HT) adalah salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan. HT juga merupakan kunci yang menentukan perkembangan Perguruan Tinggi (PT). Pada hakikatnya, HT berupa manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai penggerak untuk mencapai tujuan organisasi itu.

Dewasa ini, perkembangan terbaru memandang karyawan bukan sebagai sumber daya belaka, melainkan lebih berupa modal atau aset bagi institusi atau organisasi. Karena itu kemudian muncullah istilah baru di luar H.R. (Human Resources), yaitu H.T. atau Human Talent. Di sini HT dilihat bukan sekadar sebagai aset utama, tetapi aset yang bernilai dan dapat dilipatgandakan, dikembangkan (bandingkan dengan portfolio investasi) dan juga bukan sebaliknya sebagai liability (beban,cost). Di sini perspektif HT sebagai investasi bagi institusi atau organisasi lebih mengemuka.

Pengertian HT dapat dibagi menjadi dua, yaitu pengertian mikro dan makro. Pengertian HT secara mikro adalah individu yang bekerja dan menjadi anggota suatu Perguruan Tinggi atau institusi dan biasa disebut sebagai pegawai, karyawan, pekerja, tenaga kerja dan lain sebagainya. Sedangkang pengertian HC secara makro adalah penduduk suatu negara yang sudah memasuki usia angkatan kerja, baik yang belum bekerja maupun yang sudah bekerja.

Secara garis besar, pengertian Human Talent adalah individu yang bekerja sebagai penggerak suatu organisasi, baik institusi maupun perusahaan dan berfungsi sebagai aset yang harus dilatih dan dikembangkan kemampuannya.

Dosen

Profesi dosen merupakan bidang pekerjaan khusus yang dilaksanakan berdasarkan prinsip sebagai berikut:
Memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, dan idealisme;
Memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia;
Memiliki kualifikasi akademik dan latar belakang pendidikan sesuai dengan bidang tugas;
Memiliki kompetensi yang diperlukan sesuai dengan bidang tugas;
Memiliki tanggung jawab atas pelaksanaan tugas keprofesionalan;
Memperoleh penghasilan yang ditentukan sesuai dengan prestasi kerja;
Memiliki kesempatan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan belajar sepanjang hayat;
Memiliki jaminan perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas keprofesionalnya.

Dosen wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, dan memenuhi kualifikasi lain yang dipersyaratkan satuan pendidikan tinggi tempat bertugas, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Kualifikasi Akademik

Dosen harus memiliki kualifikasi akademik yang diperoleh melalui pendidikan tinggi program Pascasarjana yang terakreditasi sesuai dengan bidang keahlian, minimum:

  1. Lulusan program magister (S2) untuk program diploma (D3) atau program sarjana (S1).
  2. Lulusan program doktor (S3) untuk program pascasarjana (S2/S3).
No Nama Program Studi
1 Manajemen Perusahaan
2 Manajemen S1
3 Manajemen S2

Human Talent

Human Talent (HT) adalah salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan. HT juga merupakan kunci yang menentukan perkembangan Perguruan Tinggi (PT). Pada hakikatnya, HT berupa manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai penggerak untuk mencapai tujuan organisasi itu.

Dewasa ini, perkembangan terbaru memandang karyawan bukan sebagai sumber daya belaka, melainkan lebih berupa modal atau aset bagi institusi atau organisasi. Karena itu kemudian muncullah istilah baru di luar H.R. (Human Resources), yaitu H.T. atau Human Talent. Di sini HT dilihat bukan sekadar sebagai aset utama, tetapi aset yang bernilai dan dapat dilipatgandakan, dikembangkan (bandingkan dengan portfolio investasi) dan juga bukan sebaliknya sebagai liability (beban,cost). Di sini perspektif HT sebagai investasi bagi institusi atau organisasi lebih mengemuka.

Pengertian HT dapat dibagi menjadi dua, yaitu pengertian mikro dan makro. Pengertian HT secara mikro adalah individu yang bekerja dan menjadi anggota suatu Perguruan Tinggi atau institusi dan biasa disebut sebagai pegawai, karyawan, pekerja, tenaga kerja dan lain sebagainya. Sedangkang pengertian HC secara makro adalah penduduk suatu negara yang sudah memasuki usia angkatan kerja, baik yang belum bekerja maupun yang sudah bekerja.

Secara garis besar, pengertian Human Talent adalah individu yang bekerja sebagai penggerak suatu organisasi, baik institusi maupun perusahaan dan berfungsi sebagai aset yang harus dilatih dan dikembangkan kemampuannya.

Karyawan

Karyawan pada Perguruan Tinggi, dapat diartikan sebagai setiap orang yang memberikan jasa kepada Perguruan Tinggi ataupun organisasi melalui Yayasan yang membutuhkan jasa tenaga kerja, yang mana dari jasa tersebut, karyawan akan mendapatkan balas jasa berupa gaji dan kompensasi-kompensasi lainnya.

Jika dikelompokkan berdasarkan statusnya, karyawan dalam perusahaan dapat dibagi menjadi dua jenis kelompok karyawan yaitu karyawan tetap dan karyawan tidak tetap :

  1. Tidak tetap/lepas pegawai yang bekerja berdasarkan kontrak kerja (dalam waktu tertentu); karyawan tidak tetap; pegawai harian;
  2. tetap pegawai yang bekerja di suatu badan (perusahaan dan sebagainya) secara tetap berdasarkan surat keputusan;

Dalam pengelompokannya (cluster), jenis karyawan ada yang bersifat :

  1. manajerial orang yang berhak memerintah bawahannya untuk mengerjakan sebagian pekerjaannya dan dikerjakan sesuai dengan perintah;
  2. operasional orang yang secara langsung harus mengerjakan sendiri pekerjaannya sesuai dengan perintah atasan.

Marketing

Pemasaran atau marketing adalah suatu rangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Caranya dengan membuat produk, menentukan harganya, tempat penjualannya dan mempromosikan produk tersebut kepada para konsumen. Atau definisi marketing yaitu perpaduan antara aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan untuk dapat mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga perusahaan dapat mengembangkan produk, harga, pelayanan dan melakukan promosi supaya kebutuhan konsumen dapat terpenuhi serta perusahaan mendapatkan keuntungan. Dengan adanya marketing para konsumen tidak perlu memenuhi kebutuhannya secara sendiri-sendiri. Karena dengan melakukan pertukaran dengan para pelaku marketing, konsumen dapat memenuhi kebutuhan maupun kepuasannya dengan mendapatkan produk ataupun jasa.

Download Standar Operasi Prosedur Layanan

Pelayanan Mahasiswa

Pemasaran atau marketing adalah suatu rangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Caranya dengan membuat produk, menentukan harganya, tempat penjualannya dan mempromosikan produk tersebut kepada para konsumen. Atau definisi marketing yaitu perpaduan antara aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan untuk dapat mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga perusahaan dapat mengembangkan produk, harga, pelayanan dan melakukan promosi supaya kebutuhan konsumen dapat terpenuhi serta perusahaan mendapatkan keuntungan. Dengan adanya marketing para konsumen tidak perlu memenuhi kebutuhannya secara sendiri-sendiri. Karena dengan melakukan pertukaran dengan para pelaku marketing, konsumen dapat memenuhi kebutuhan maupun kepuasannya dengan mendapatkan produk ataupun jasa.

FIle Download Standar Operasi Prosedur Layanan

Sejarah Kopkar (Koperasi Karyawan) STIMA IMMI

Koperasi Karyawan (Kopkar) STIMA IMMI adalah suatu unit usaha karyawan STIMA IMMI yang berbentuk Koperasi. Kopkar STIMA IMMI berdiri sebagai badan hukum sesuai dengan Akta Notaris No.78 Oleh H.Warman,SH Notaris Di Jakarta dan Koperasi Karyawan STIMA IMMI beralamat di Jalan Tanjung Barat No.11, Jakarta Selatan. Fungsi, Peran & Usaha Kopkar STIMA IMMI tertuang dalam Anggaran Dasar & Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), yang menitikberatkan pada pengembangan potensi & kemampuan anggota Kopkar (Koperasi Karyawan) STIMA IMMI, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi & sosial anggotanya. Pengurus Kopkar STIMA IMMI dipilih melalui Rapat Anggota Tahunan (RAT) untuk masa jabatan selama 3 (tiga) tahun. Sejak pertama kali berdiri, Pengelolaan Kopkar STIMA IMMI dilakukan secara profesional dengan mengacu kepada prinsip-prinsip dasar koperasi Indonesia seperti: sukarela, terbuka, demokratis, adil, mandiri, kerjasama yang menguntungkan & gotong royong dan mendapatkan hasil usaha yang setinggi tinggi untuk kesejahteraan anggotanya.

Download File Laporan Koperasi:

Laporan Kegiatan Karyawan Sekolah Tinggi Manajemen IMMI

No Bentuk Kegiatan dalam Bentuk Laporan File Download
1 Laporan Koperasi Karyawan STIMA IMMI 2015
2 Kegiatan sambung rasa dalam bentuk laporan kegiatan 2015

Tinjauan tentang UN Global Compact

UN Global Compact adalah inisiatif kebijakan strategis untuk bisnis yang berkomitmen untuk menyelaraskan operasi dan strategi mereka dengan sepuluh prinsip universal di bidang hak asasi manusia, perburuhan, lingkungan dan anti-korupsi. Dengan demikian, bisnis, sebagai pendorong utama globalisasi, dapat membantu memastikan bahwa pasar, perdagangan, teknologi dan kemajuan keuangan dengan cara yang menguntungkan ekonomi dan masyarakat di mana-mana.

Sebagai tantangan sosial, politik dan ekonomi (dan peluang) – baik yang terjadi di rumah atau di daerah lain – mempengaruhi bisnis lebih dari sebelumnya, banyak perusahaan menyadari kebutuhan untuk berkolaborasi dan bermitra dengan pemerintah, masyarakat sipil, tenaga kerja dan PBB.

Ini pemahaman yang terus meningkat tercermin dalam pertumbuhan yang cepat Global Compact.Dengan lebih dari 12.000 peserta perusahaan dan pemangku kepentingan lainnya dari lebih dari 145 negara, itu adalah sukarela inisiatif tanggung jawab perusahaan terbesar di dunia.

Didukung oleh kepala eksekutif, Global Compact adalah suatu kerangka kerja praktis untuk pengembangan, implementasi, dan pengungkapan kebijakan dan praktek keberlanjutan, menawarkan peserta spektrum yang luas dari workstreams, alat manajemen dan sumber daya – semuanya dirancang untuk membantu model bisnis yang berkelanjutan muka dan pasar.

UN Global Compact bekerja menuju visi ekonomi global yang berkelanjutan dan inklusif yang memberikan manfaat yang berkelanjutan kepada orang-orang, masyarakat, dan pasar. Untuk membantu mewujudkan visi ini, inisiatif berusaha untuk :

  1. Mainstream Global Compact Sepuluh Prinsip dalam strategi bisnis dan operasi di seluruh dunia
  2. Mengkatalisasi tindakan bisnis dalam mendukung tujuan PBB dan masalah, dengan penekanan pada kerjasama dan tindakan kolektif.

Dengan tujuan ini dalam pikiran, Global Compact telah membentuk sebuah inisiatif yang menyediakan solusi kolaboratif untuk tantangan yang paling mendasar yang dihadapi bisnis dan masyarakat. Inisiatif ini bertujuan untuk menggabungkan sifat terbaik dari PBB, seperti otoritas moral dan kekuasaan mengadakan, dengan solusi-menemukan kekuatan sektor swasta, dan keahlian dan kapasitas dari berbagai pemangku kepentingan kunci. Global Compact adalah global dan lokal; swasta dan publik;sukarela namun akuntabel,

Tabel. UN-Global Compact

No Jenis Dokumen Perihal File Download
1 Surat dari UN-Global Compact Keanggotaan STIMA IMMI
2 Final Report “World Humanitarian Summit” Asian Regional Business Consultation
3 Sustainable Goal Followup
4 Annual report statement Announcement

ADI (Asosiasi Dosen Indonesia)

Asosiasi Dosen Indonesia (ADI)adalah organisasi profesi yang independen, bersifat kepakaran dan kecendekiaan, bercirikan keilmuan, seni dan budaya, bercorak terbuka, mandiri, kekeluargaan dan teman sejawat, yang lahir pada tanggal 2 Mei 1998. Kehadiran ADI dilatar belakangi oleh besarnya tanggung jawab dosen yang berkaitan dengan mutusumberdaya manusia yang dibutuhkan menuju Indonesia baru Visinya menjadikan lembaga Asosiasi Dosen Indonesia sebagai organisasi yang modern dan sistematik untuk meningkatkan kompetensi dosen.

No No Surat Keterangan File Download
1 29/ADI/SK/MPC/V/2015 Pembentukan Majelis Pengurus Cabang MPC ADI STIMA IMMI

Komisariat IAEI-STIMA IMMI

Bentuk yang digunakan pada pengurus komisariat adalah bentuk garis fungsional dengan pengurus cabang IAEI Pusat. Dalam organisasi yang berbentuk garis dan fungsional, wewenang ketua umum didelegasikan kepada satuan-satuan organisasi atau bidang-bidang kerja yang dipimpin oleh pemimpin dari setiap organisasi atau bidang-bidang kerja mempunyai wewenang dan tanggungjawab atas pelaksanaan tugas dibidangnya masing-masing. Kemudian secara fungsional tanggungjawab itu dipertanggungjawabkan oleh pimpinan mesing-masing bidang kerja kepada Ketua umum.

No No Surat Keterangan File Download
1 716/PH/DPD-IAEI/XII/2014, Tanggal 17 Desember 2015 File mandate DPP IAEI
2 SK.DPP IAEI No.137/SK/DPP-IAEI/I/2015 Surat Keputusan DPP IAEI, tentang Pembentukan Komisariat STIMA IMMI

Tentang ISEI

Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) dibentuk dan didirikan pada tanggal 14 Januari 1955 di Jakarta, yg sekaligus merupakan tempat kedudukan pengurus pusat, dengan cabang- cabang di seluruh Indonesia.

Program kerja ISEI selaku organisasi profesi yang hidup ditengah-tengah masyarakatdilaksanakan secara aktif oleh para anggotanya yang menjadi pemikir, perancang, dan pelaksana pembangunan, baik di bidang swasta maupun pemerintahan. Dengan demikian Sarjana-sarjana Ekonomi tidak hanya bertindak sebagai pengamat ataupun pemikir yang pasif mengenai permasalahan ekonomi serta masyarakat ekonomi pada umumnya, tetapi juga turut berperan aktif dalam proses pembangunan Bangsa dan Negara.

ISEI, Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia ada organisasi profesi berdasarkan keserjanaan,bersifat independen (tidak mengikatkan diri pada organisasi atau partai politik manapun). ISEI dibentuk dan didirikan pada tanggal 14 Januari 1955 di Jakarta. Pengurus pusat berkedudukan di Ibukota Negara Republik Indonesia dengan cabang-cabang di seluruh Indonesia. Kantor pusat beralamat di Jalan Daksa Jakarta Pusat. Sampai saat ini telah mempunyai 44 cabang di seluruh Indonesia.

Tujuan Organisasi ISEI

Tujuan utama didirikannya organisasi Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) adalah sebagai berikut:

  1. Menghimpun sarjana-sarjana Ekonomi Indonesia ke dalam satu ikatan guna membaktikan diri kepada nusa, bangsa, dan negara guna mencapai masyarakat yang adil, makmur, sejahtera, lestari berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  2. Menggali, mengembangkan dan mengamalkan ilmu ekonomi untuk dimanfaatkan bagi kemajuan dan pembangunan dunia.
  3. Menggali, menyumbangkan dan mengamalkan ilmu ekonomi untuk dapat dimanfaatkan bagi kemajuan dan pembangunan Dunia.
  4. Memelihara kepentingan dan persatuan yang erat antara para anggota ikatan sarjana ekonomi Indonesia.
  5. Meningkatkan serta mengembangkan pengetahuan dan kemampuan para sarjana ekonomi Indonesia.

File Download

No Keterangan File Download
1 SK Pengurus ISEI 2013-2016
2 SK Pengurus ISEI 2016-2019

IMMI Press

STIMA IMMI Press adalah sebuah kantor penerbitan akademis milik Sekolah Tinggi Manajemen IMMI. STIMA IMMI Press telah menerbitkan buku-buku untuk kepentingan akademis, yang mempunyai tugas mengembangkan dengan menerbitkan karya tulis ilmiah para dosen dalam bentuk buku dan juga membantu institusi dalam penyediaan kebutuhan barang cetakan. Sesuai dengan karakteristik yang melekat pada dirinya unit ini berfungsi sebagai Penerbit dan Pencetak (STIMA IMMI Press). STIMA IMMI Press juga sebagai bagian dari unit pendidikan tinggi memiliki nilai yang sangat strategis. Penerbit STIMA IMMI dapat menjadi tolak ukur dari “brand” sebuah pendidikan tinggi.