S2 MAGISTER MANAJEMEN

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN IMMI

(Terakreditasi “B” oleh BAN-PT)

 

7 Konsentrasi Pilihan Untuk Program S2 Magister Manajemen Sekolah Tinggi Manajemen IMMI

  1. Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia

Pembangunan bidang ekonomi seiring dengan pembangunan sumber daya manusia merupakan ciri masa depan pembangunan. Sumberdaya manusia pelaku pembangunan merupakan aset penentu perkembangan harkat dan martabat bangsa dan negara.

Penerapan produk ilmu pengetahuan dan teknologi dalam era globalisasi harus diimbangi oleh kecerdikan sumber daya manusia yang mampu menterjemahkan ide dan informasi sehingga menghasilkan nilai tambah dalam peningkatan kesejahteraan dan memperkaya kebudayaan nasional. Sumber daya manusia pelaku masa depan pembangunan adalah manusia manajer, yang memiliki wawasan entrepreneur, mampu mengoptimasikan pemberdayaan sumberdaya, dan keberanian mengambil keputusan secara tepat dan teliti.

Pemahaman tentang manajemen sumberdaya manusia, yang menjadi motor penggerak pembangunan, yang meliputi aspek teknik analis fisik, psikologis, dan motivasi pada setiap fungsi memerlukan pendekatan multidisiplin, dalam rangka membina etos kerja, disiplin, dan semangat berkarya.

Program Studi dengan konsentrasi manajemen sumberdaya manusia ini diselenggarkan untuk mengantisipasi tantangan keperluan sumberdaya manajer yang meliputi peringkat strategis, taktis, dan operasional.

 

  1. Konsentrasi Manajemen Pemasaran

Pengetahuan ini diarahkan agar manusia-manajer yang dipersiapkan memiliki naluri dan keunggulan kompetitif dalam bisnis, dan teknik pemasaran dalam kondisi dinamik, sehingga mampu memenangkan persaingan baik pada skala nasional maupun internasional. Untuk itu, mereka diharapkan mampu menerapkan konsep-konsep, teknik mengola perusahaan, sikap bekerjasama, serta menghayati perilaku organisasi dan konsumen.

Memahami fungsi pemasaran dan aneka institusi pemasaran, mampu menggunakan berbagai perangkat analisis serta teknik mutakhir tentang konsumen dan alat pemasaran.  Mampu menentukan kebijaksanaan bisnis yang terkait dengan sistem pemasaran perusahaan.

Memiliki penguasaan profesional dalam pengelolaan proses pemasaran internasional untuk menciptakan keunggulan daya saing berkelanjutan, dan kepiawaian dalam pembuatan keputusan pemasaran dalam konteks global melalui penguasaan konsep dan perangkat analisis.

 

  1. Konsentrasi Manajemen Keuangan 

Konsentrasi dalam manajemen keuangan dikembangkan untuk mempersiapkan keperluan sumberdaya manusia yang memiliki daya analisis, selain peringkat strategis, taktis, juga operasional dalam pelaksanaan tugas di bidangnya masing-masing, seperti penggalian dana lokal, internasional, dan pengerahan dana investasi fisik dan non fisik secara efektif dan efisien. Begitu pula kemampuan strategis dan adaptif dalam pengembangan bisnis dalam rangka meningkatkan nilai saham melalui integrasi horizontal, vertikal dengan cara akuisisi atau merger serta diversifikasi usaha dan restrukturisasi, sangat diperlukan.

Kekuatan daya analisis tersebut diperkaya dengan dukungan mata kuliah dasar dan fungsional agar mampu mengelola aktivitas bisnis secara keseluruhan, baik perusahaan maupun organisasi nirlaba.

 

  1. Konsentrasi Manajemen Pendidikan

Mahasiswa yang mengikuti konsentrasi ini diharapkan mampu melakukan analisis terhadap proses pendidikan, merencanakan dan mengevaluasi fasilitas pendidikan dengan menggunakan berbagai pendekatan/metode yang berbasis pada komputerisasi dalam pengolahan data. Mampu mengembangkan strategi pengoperasian perusahaan dalam menghadapi tantangan lingkungan yang penuh ketidakpastian dan global.

 

  1. Konsentrasi Manajemen Informatika.

Mahasiswa yang mengikuti konsentrasi ini diharapkan mempunyai kemampuan dalam bidang informatika untuk melakukan analisis dalam konteks manajemen.Mampu menghasilkan penelitian yang dapat disumbangkan kepada masyarakat dibidang manajemen informatika khususnya dalam pengelolaan organisasi baik bisnis maupun sosial yang menuntut efisiensi dan efektivitas.

 

  1.  Konsentrasi Manajemen Rumah Sakit 

Mahasiswa yang mengikuti konsentrasi ini diharapkan mampu melakukan analisa program rumah sakit dari aspek manajemen mulai dari perencanaan,hingga evaluasi perbaikan dalam pelayanan. Disamping itu mahasiswa juga mampu menghasilkan kajian-kajian manajemen yang dapat berrguna bagi rumah sakit dalam memberikan pelayanan yang efektifm serta efisien kepada masyarakat.

 

7.   Konsentrasi Manajemen K 3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) 

Mahasiswa yang mengikuti konsentrasi ini diharapkan mampu melakukan analisa Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) merupakan instrumen yang memproteksi pekerja, perusahaan, lingkungan hidup, dan masyarakat sekitar dari bahaya akibat kecelakaan kerja. Perlindungan tersebut merupakan hak asasi yang wajib dipenuhi oleh perusahaan. K3 bertujuan mencegah, mengurangi, bahkan menihilkan risiko kecelakaan kerja (zero accident). Penerapan konsep ini tidak boleh dianggap sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja yang menghabiskan banyak biaya (cost) perusahaan, melainkan harus dianggap sebagai bentuk investasi jangka panjang yang memberi keuntungan yang berlimpah pada masa yang akan datang. Program ini adalah Program kerjasama dengan STIKES Binawan Jakarta.

 

Mata Kuliah Umum

Screen Shot 2014-04-25 at 2.04.51 PM

Konsentrasi Manajemen SDM

Screen Shot 2014-04-25 at 2.08.07 PM

Konsentrasi Manajemen Pendidikan

Screen Shot 2014-04-25 at 2.12.17 PM

Konsentrasi Manajemen Pemasaran

Screen Shot 2014-04-25 at 2.13.49 PM

Konsentrasi Manajemen Informatika

Screen Shot 2014-04-25 at 2.15.54 PM

Konsentrasi Manajemen Keuangan              

Screen Shot 2014-04-25 at 2.17.32 PM

Konsentrasi Manajemen Rumah Sakit

Screen Shot 2014-04-25 at 2.19.00 PM

Tugas Akhir  (TA 0146)

Tugas akhir yang dibebankan kepada mahasiswa adalah tesis yang wajib diambil setiap mahasiswa pada Trimester IV dengan bobot 6 sks.